Cara Membuat Kerangka Strategi Konten yang Unggul

Tindakan pemasaran konten Anda harus dipandu oleh rencana yang terdokumentasi. Pelajari 10 poin penting untuk kerangka strategi konten yang unggul dan solid berikut.
Cara Membuat Kerangka Strategi Konten yang Unggul

Apakah Anda sedang mengerjakan salah satunya? Atau apakah itu masih merupakan tugas yang jauh dari daftar tugas Anda? Mungkin pikirkan tentang memprioritaskannya.  Secara luar biasa, merek dan pemasar dengan strategi konten terdokumentasi mengungguli mereka yang tidak memilikinya.

Berapa banyak mereka mengungguli rekan-rekan mereka? Jumlah yang mencengangkan – mereka 414% lebih mungkin melaporkan kesuksesan. Itu adalah motivator yang hebat untuk menjalankan strategi Anda. 

Satu peringatan: Apakah Anda baru mengenal strategi konten, merevisi strategi yang ada, atau merombak total pemasaran konten Anda, Anda memerlukan kerangka kerja yang solid untuk bersandar. Dan jika Anda memerlukan bantuan menyiapkan blok penyusun kerangka itu, panduan ini akan menunjukkan kepada Anda apa yang harus Anda sertakan.

Apa itu kerangka strategi konten?

Kerangka strategi konten adalah rencana yang memandu semua tindakan pemasaran konten Anda . Ini merinci bagaimana Anda akan membuat, mengelola, menerbitkan, mempromosikan, dan memelihara konten untuk memenuhi sasaran merek Anda.

Anda membuat titik referensi hidup untuk menjalankan strategi Anda saat Anda mendokumentasikan kerangka kerja ini – di Google Doc, spreadsheet, atau bahkan hanya mencatat di notepad. Ini adalah rencana yang dapat Anda gunakan berulang kali untuk memandu semua tindakan pemasaran konten Anda.

Omong-omong, perbedaan itu penting. Strategi konten Anda tidak statis sama sekali. Sebaliknya, itu harus berkembang dengan merek Anda saat Anda menemukan apa yang berhasil dan apa yang tidak. Anda harus mengutak-atik strategi seperlunya untuk memperhitungkan apa yang Anda pelajari. (Itu termasuk tujuan Anda juga.)

Terakhir, ingatlah bahwa strategi memandu proses itu dan dimaksudkan untuk diulang. Anda tidak akan pernah membuat hanya satu konten dan menyebutnya sehari. Anda akan membuat lusinan hingga ratusan konten menggunakan kerangka kerja yang sedang Anda kerjakan ini.

Dan, pada saat tertentu, Anda akan berada setinggi lutut dalam beberapa tahapan yang berbeda. Tetapi Anda tidak akan tersesat jika Anda memiliki strategi.

Elemen apa yang harus disertakan dalam kerangka strategi konten?

Setiap strategi konten harus memberikan arahan pada poin-poin penting. Berikut adalah rincian cepat. 

  • Menentukan tujuan.
  • Tentukan audiens Anda.
  • Pilih platform konten.
  • Pilih topik dan format konten.
  • Identifikasi tim dan peran Anda.
  • Tetapkan jadwal posting.
  • Rencanakan bagaimana Anda akan mempromosikan.
  • Dapatkan alat yang Anda butuhkan untuk menjalankan konten.
  • Tentukan bagaimana Anda akan melacak dan mengukur hasil.
  • Tetapkan anggaran.

1. Tujuan

Penetapan tujuan adalah salah satu bagian terpenting dalam membuat strategi konten. Tanpa tujuan, Anda tidak akan memiliki tujuan untuk dituju dengan pemasaran konten Anda dan, karenanya, tidak ada fokus untuk upaya Anda.

Pemasar yang menetapkan tujuan 377% lebih sukses daripada mereka yang tidak menetapkan tujuan, menurut CoSchedule.

Jadi, tanyakan pada diri sendiri apa yang ingin Anda capai dengan konten . Apa yang Anda ingin konten Anda lakukan? Berikut adalah beberapa tujuan umum untuk Anda mulai:

  • Bangun kesadaran merek : Tingkatkan visibilitas online Anda dan dikenal di industri Anda.
  • Pelihara audiens Anda : Sediakan konten bermanfaat yang mengedukasi audiens Anda dan membangun kepercayaan untuk menciptakan lebih banyak prospek.
  • Dorong lebih banyak lalu lintas : Bawa lebih banyak audiens target Anda ke depan pintu virtual Anda.
  • Dapatkan lebih banyak pelanggan dan prospek: Gunakan konten yang bagus untuk mendorong pendaftaran email dan mengubah pengunjung menjadi prospek.

Saat Anda memilih tujuan, jangan mempertahankannya pada tingkat yang luas dan tidak jelas ini. Pikirkan dengan tepat apa yang ingin Anda capai di bawah payung tujuan tertentu itu. Dapatkan angka spesifik dan gunakan.

Misalnya, jika sasaran saya adalah untuk mendorong lebih banyak lalu lintas, saya akan mengungkapkannya seperti ini dalam strategi saya: Tingkatkan lalu lintas situs web total sebesar 20% dalam 6 bulan.

2. Audience

Setelah tujuan Anda ditentukan, Anda dapat beralih ke menentukan audiens target Anda.

Tahap ini adalah tentang menemukan siapa yang membutuhkan keahlian dan solusi yang ditawarkan merek dan dengan siapa Anda harus berbicara melalui kontennya. Untuk melakukannya, Anda harus melakukan riset audiens .

Bagian ini sangat penting untuk mendapatkan yang benar. Anda membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang audiens Anda, termasuk apa yang mereka pedulikan dan tantangan mereka, sehingga konten Anda akan berhasil.

Jika Anda tidak sepenuhnya memahami audiens Anda, topik konten Anda tidak akan selalu beresonansi. Dan konten yang tidak beresonansi tidak akan mendapatkan hasil.

Salah satu cara terbaik untuk mengenal audiens Anda adalah dengan mewawancarai mereka secara langsung. Untuk melakukan ini, Anda harus mulai dengan beberapa asumsi tentang siapa yang membutuhkan apa yang Anda jual. Kemudian, ketika Anda berbicara dengan prospek Anda, Anda akan mengetahui apakah asumsi tersebut benar.

Salah satu pertanyaan favorit saya untuk ditanyakan kepada audiens potensial saya adalah, "Jika Anda memiliki tongkat ajaib yang dapat langsung menyelesaikan salah satu masalah Anda saat ini terkait X, mana yang akan Anda pilih?"

3. Platform

Selanjutnya: Di mana Anda akan memposting konten?

Anda dapat mempertahankan berbagai saluran online untuk publikasi dan distribusi konten, tetapi Anda harus memilih di mana Anda akan memfokuskan beban upaya Anda.

Dengan kata lain, di mana Anda ingin fokus membangun merek Anda secara online? Platform apa yang akan menjadi basis rumah Anda di web?

Saya selalu merekomendasikan untuk fokus pada situs web Anda terlebih dahulu – khususnya, memposting konten di blog Anda. Mengapa?

Situs web Anda adalah real estat yang Anda miliki. Akun media sosial tidak. Akun Instagram, Facebook, Twitter, dan LinkedIn Anda berada di tanah pinjaman.

Anda juga memiliki sedikit kendali atas visibilitas Anda di media sosial. Pengikut Anda mungkin atau mungkin tidak melihat semua posting Anda - dan jika Anda tidak memposting setiap hari, visibilitas Anda akan semakin menukik.

Itu sebabnya situs web Anda adalah platform yang sangat kuat:

  • Anda memiliki konten yang Anda posting di sana.
  • Anda mengontrol visibilitas konten tersebut.
  • Anda dapat membangun otoritas online Anda dengan SEO dan peringkat organik.
  • Konten Anda yang lain yang diposting ke platform lain dapat mengarah kembali ke situs web Anda.
  • Anda sepenuhnya mengontrol tampilan dan nuansa situs web Anda, termasuk pengalaman pengguna.

Apa pun platform yang Anda pilih, dokumentasikan platform yang paling ingin Anda fokuskan untuk berkembang dengan konten.

4. Konten

Akhirnya saatnya membicarakan konten dalam strategi Anda. Anda perlu memakukan dua hal:

Area topik apa yang akan Anda fokuskan dalam konten Anda? 

Untuk menjawab pertanyaan ini, bersandarlah pada persimpangan keahlian industri Anda/apa yang Anda jual, dan apa yang diinginkan audiens Anda. Area topik terbaik Anda akan relevan dengan keduanya.

Misalnya, jika Anda menjual sepatu lari, Anda tidak akan menulis tentang sepatu lari secara eksklusif. Anda akan menulis tentang topik terkait yang menjadi perhatian audiens Anda, seperti pelatihan, kesehatan lutut, acara lari, dll. Namun, Anda mungkin tidak akan menulis tentang olahraga dan hobi yang tidak terkait dengan lari, seperti sepak bola, yoga, atau tenis.

Jenis dan format konten apa yang akan Anda terbitkan? 

Lihatlah sumber daya Anda dan jenis konten yang disukai audiens Anda. Jika Anda adalah merek kecil, Anda mungkin tidak memiliki sarana untuk membuat konten video yang apik dan berproduksi tinggi . Namun, Anda akan memiliki sarana untuk membuat blog berkualitas tinggi secara teratur – dan di situlah sebagian besar merek memulai.

5. Tim

Siapa yang bertanggung jawab atas setiap aspek pemasaran konten Anda? 

Saat mempertimbangkan hal ini, ketahuilah bahwa konten tidak boleh menjadi aktivitas "ketika saya punya waktu".

Perlu dedikasi untuk bekerja. Itu membutuhkan seseorang di atasnya yang dapat memberikan perhatian penuh mereka. Artinya, sesegera mungkin, Anda harus berinvestasi dalam bantuan (atau mencari dukungan untuk mempekerjakan ahli tambahan).

Saat Anda menyiapkan tim konten, ini adalah peran paling penting yang mungkin perlu Anda isi (dan satu orang mungkin mengisi beberapa peran bergantung pada sumber daya Anda):

  • Penulis/pembuat konten : Pada tingkat dasar, Anda memerlukan seseorang yang nyaman membuat konten tertulis dalam sebagian besar format, termasuk blog, eBook, whitepaper, halaman web, dan postingan media sosial. Bergantian, jika Anda memutuskan untuk berinvestasi dalam video atau infografis, Anda membutuhkan orang-orang dengan keahlian tersebut. 
  • Pengelola konten : Siapa yang akan bertanggung jawab mengelola posting blog, termasuk pemformatan, penjadwalan, dan penerbitan?
  • Manajer media sosial : Siapa yang akan meliput posting ke media sosial dan berinteraksi dengan audiens Anda?
  • Ahli strategi konten/SEO : Siapa yang akan melakukan penelitian kata kunci dan penelitian topik blog? Siapa yang akan mengidealkan topik konten? Siapa yang akan melacak metrik dan mengukur hasil?

6. Jadwal

Ya, Anda memerlukan kalender konten untuk pemasaran konten. Namun sebelum Anda menyiapkannya, pertama-tama Anda perlu mengetahui strategi Anda untuk menjadwalkan dan memposting konten.

Ingat: Konsistensi itu penting – tidak harus berapa banyak yang Anda posting, tetapi apakah audiens Anda dapat mengandalkan posting Anda dan apakah itu selalu berkualitas tinggi.

  • Seberapa sering Anda akan memposting konten di platform utama Anda?
  • Seberapa sering Anda akan memposting konten di platform sekunder Anda?
  • Seberapa sering Anda akan mempromosikan konten di media sosial?
  • Hari/waktu apa yang terbaik untuk memposting konten untuk audiens Anda?

Dasarkan jawaban Anda pada penelitian dan sumber daya merek Anda. Apa kemampuan tim konten Anda? Output apa yang dapat didukung oleh bisnis?

Dengan semua pertanyaan ini dijawab, menyiapkan kalender konten Anda seharusnya mudah.

7. Promosi

Selanjutnya, pilih jalan Anda untuk mempromosikan konten. 

Promosi adalah cara Anda mendapatkan perhatian ekstra pada konten Anda – terutama ketika Anda baru dan belum memiliki pemirsa. 

Namun, Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk promosi. Ini bisa sesederhana memposting silang tautan ke blog baru yang baru saja Anda terbitkan di media sosial. Ini bisa secepat mengirim email ke pelanggan Anda untuk memberi tahu mereka tentang blog baru.

Jika Anda belum memiliki daftar pelanggan email, Anda dapat memilihnya sebagai tujuan utama pemasaran konten Anda dan alih-alih mempromosikan postingan di media sosial untuk saat ini.

8. Alat

Sebagian besar langkah dalam strategi konten Anda mungkin memerlukan setidaknya satu alat untuk membantu membuat prosesnya lebih mudah dan lebih cepat. Selain itu, beberapa alat menyediakan data yang tidak dapat Anda lewati dengan cara apa pun jika Anda ingin bersaing di peringkat mesin pencari.

Berikut adalah alat yang harus dimiliki:

  • Riset kata kunci atau alat SEO (Semrush, Ahrefs, KWFinder oleh Mangools, dll.)
  • Alat analisis web (seperti Google Analytics)
  • Sistem manajemen konten ( WordPress , Drupal, Joomla, dll.)
  • Kalender konten (Airtable, Trello, CoSchedule, spreadsheet Google atau Excel, dll.)

Berikut adalah alat yang bagus untuk dimiliki:

  • Mengedit perangkat lunak (seperti Grammarly).
  • Pemeriksa SEO (seperti Yoast).
  • Alat pengoptimalan tingkat konversi (CRO) (seperti Hotjar).
  • Alat pengeditan gambar (seperti Canva atau Photoshop).

9. Pelacakan kemajuan

Saat Anda bekerja menuju tujuan pemasaran konten Anda, Anda juga harus melacak kemajuan Anda.

Dokumentasikan bagaimana Anda berencana melakukannya dalam strategi konten Anda. Menentukan:

  • Indikator kinerja utama (KPI) yang dapat Anda lampirkan ke sasaran . Misalnya, jika salah satu sasaran saya adalah membangun otoritas dan reputasi merek, saya dapat melacak peringkat kata kunci Google dari waktu ke waktu untuk menunjukkan bagaimana otoritas online saya tumbuh. 
  • Alat yang Anda perlukan untuk melacak KPI tersebut . Misalnya, saya memerlukan alat SEO untuk melacak peringkat Google untuk situs web saya.
  • Seberapa sering Anda akan check-in . Apakah Anda akan melihat metrik setiap bulan? Triwulanan? Perlu diingat bahwa hasil content marketing cenderung lambat tapi stabil.

10. Anggaran

Last but not least, selesaikan anggaran untuk pemasaran konten Anda. Berdasarkan strategi Anda, berapa biaya untuk menjalankannya? Bayangkan orang, alat, dan proses yang harus Anda investasikan untuk mewujudkannya.

Timbang biaya terhadap sumber daya Anda, dan ingatlah untuk menyesuaikan strategi Anda sesuai kebutuhan agar tetap sejalan dengan batasan anggaran Anda. Ingat: Konten yang bagus dapat membantu mengembangkan merek. Dan seiring pertumbuhan merek, investasi konten Anda juga dapat meningkat. 

Kerangka strategi konten mengarah pada pemasaran konten yang solid

Anda memerlukan kerangka strategi konten jika ingin pemasaran konten Anda berhasil.

Untungnya, Anda sudah dalam perjalanan.

Gunakan kerangka kerja untuk membangun rencana merek Anda untuk kesuksesan konten, tetapi ingatlah bahwa strateginya tidak ditetapkan begitu saja. Alih-alih, anggap itu sebagai dokumen hidup yang akan Anda gunakan setiap hari untuk tetap fokus, tetap di jalur, dan mencapai tujuan Anda.

Komentar Pengguna (0)

Tambah Komentar
Kami tidak akan pernah berbagi email Anda dengan orang lain.