Apakah Direktori Web Masih Relevan untuk SEO?

Direktori Web telah menjadi norma untuk web di seluruh dunia dan untuk pengoptimalan mesin telusur sejak lama. Tetapi apakah mereka masih relevan di era Pembaruan Google AI yang canggih ini?
Apakah Direktori Web Masih Relevan untuk SEO?

Seperti yang dikatakan Head of Web SPAM di Google John Mueller, “secara umum, tidak”. Tapi kata kunci dalam jawaban itu adalah “secara umum”. Itulah jawaban yang biasa kami dapatkan dari John dan, sebanyak yang ingin kami katakan kami akan membedahnya, kenyataannya adalah kami hanya dapat berspekulasi dan menafsirkan sesuatu berdasarkan pengetahuan dan pengalaman kami sendiri. Mari lompat ke sana dan cari tahu apakah direktori web masih berguna untuk SEO di tahun ini.

Apa Itu Direktori Web Sebenarnya?

Untuk lebih memahami mengapa direktori berfungsi atau tidak pada tahun 2023, kita harus membuat latar belakang untuk direktori tersebut. Seperti perkenalan. Kebanyakan orang mungkin menganggap direktori hanya sebagai situs yang mencantumkan situs lain. Meskipun itu benar, kenyataannya mereka jauh lebih banyak.

Mengapa Direktori Web Dibuat

Pada masa-masa awal internet, hanya sedikit orang yang memiliki situs web. Koneksi internet jarang terjadi dan tidak banyak keuntungan yang bisa dihasilkan darinya. Namun, situs web yang berbeda muncul, di ceruk yang berbeda.

Namun, Anda harus benar-benar mengingat nama domain untuk mengakses situs web tersebut, karena tidak ada Google.

Seiring berkembangnya internet, semakin banyak situs web mulai bermunculan. Tak lama kemudian, orang tidak dapat mengingat semua nama itu. Tapi beberapa orang pintar dari Yahoo! memiliki ide cemerlang untuk menyimpan situs web terbaik menjadi sesuatu yang mereka sebut direktori web.

Pada awalnya, hanya beberapa situs web yang terdaftar, yang paling 'populer' atau yang menurut mereka layak untuk dicantumkan. Dengan cara ini, Anda hanya perlu mengingat satu situs web (Yahoo!) jika Anda ingin menemukan semua situs bagus lainnya.

Pada awalnya, situs-situs tersebut terdaftar menurut abjad tetapi, seiring bertambahnya jumlah, mereka mulai terdaftar di bawah kategori dan subkategori. Dengan cara ini, lebih mudah bagi pengguna untuk menemukan apa yang mereka butuhkan.

Direktori web menghasilkan uang dengan menjual ruang iklan atau meningkatkan hasil tertentu dengan imbalan biaya.

Mengapa Direktori Web Semakin Hilang?

Sayangnya, ketika jumlah situs mulai terlalu tinggi, orang-orang segera menyadari bahwa menelusuri semua kategori tersebut tidaklah nyaman. Ini akan memakan waktu terlalu lama dan, pada akhirnya, hasil terbaik bercampur dengan hasil yang kurang baik.

Beginilah mesin pencari muncul. Jauh lebih nyaman untuk mengetik kata kunci dan mendapatkan daftar hasil teratas daripada menelusuri kategori mencoba mencari tahu situs web mana yang terbaik.

Mesin pencari bekerja berdasarkan algoritme, seperti yang mereka lakukan sekarang (walaupun tidak serumit). Bergantung pada kata kunci dalam judul dan faktor lainnya, beberapa situs akan berperingkat lebih baik daripada yang lain.

Yahoo! memiliki mesin pencari sendiri. Namun, bukan rahasia lagi bahwa Google memimpin karena algoritme mereka yang ditingkatkan, tetapi ini bukan satu-satunya alasan mengapa Google akhirnya memimpin. Yahoo! adalah raksasa saat itu, di zaman Yahoo! Mail, News, Answers, dan Messenger, tetapi sejumlah keputusan buruk membuat mereka menghilang.

Apakah Direktori Web Masih Berfungsi untuk SEO?

Dalam grup media sosial SEO lokal, seseorang mencoba membuktikan suatu hal dengan menunjukkan kepada kami hasil #1 untuk kata kunci, mengklaim bahwa dia hanya membuat 2 tautan direktori ke halaman itu dan sekarang menjadi #1.

Dia mencoba untuk menyerang kami "topi putih" yang selalu menyatakan direktori web tidak berfungsi padahal, sebenarnya, dia punya bukti bahwa itu bisa. Satu-satunya masalah adalah kata kunci yang dia rangking memiliki hampir 0 pencarian dan kompetisi pada dasarnya tidak ada.

Apakah tautan direktori web benar-benar membantunya mendapatkan peringkat yang lebih baik di hasil penelusuran Google? Mungkin… Apakah dia membuktikan poin? Tentu saja tidak.

Direktori Web mungkin masih berdampak kecil pada peringkat Anda, sama seperti situs lain mana pun yang tertaut ke Anda dan melewati Page Rank. Namun, karena telah disalahgunakan sebagai taktik SEO selama bertahun-tahun, Google menghukum orang yang menggunakan direktori web. Dengan munculnya Penguin 4.0, banyak dari mereka mungkin diabaikan.

Masalah Utama Direktori Web untuk SEO

Saya telah membahas bagaimana direktori web tidak memberikan banyak nilai karena pengguna tidak benar-benar menggunakannya untuk hal lain selain SEO.

Namun, ceritanya tidak berakhir di situ:

Direktori web berisi spam & rumit:  Karena orang selalu menginginkan cara cepat, mereka mulai mengotomatiskan proses. Dengan lebih banyak otomatisasi, lebih banyak SPAM datang. Hal-hal semacam ini tidak nyaman bagi Google karena menghabiskan banyak sumber daya. Bukankah Anda hanya membenci komentar spam? Saya tahu saya tahu.

Google akhirnya menemukan bahwa cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan menghukum orang yang akan menggunakan direktori sebagai cara untuk meningkatkan peringkat mereka. Jadi ketika pembaruan penting seperti Penguin mulai diluncurkan, direktori web memiliki peluang sempurna untuk menghasilkan uang.

Meskipun beberapa situs web terdaftar secara gratis, setelah Google menghukum situs web karena profil tautan berisi spam, beberapa direktori web meminta biaya penghapusan.

Direktori web tidak dikelola lagi: Bahkan jika Anda menemukan direktori web yang bagus, kemungkinan besar tidak ada yang akan menjawab Anda.

Beberapa tahun yang lalu, saya sedang dalam proses membangun tautan untuk seseorang. Advertorial terlalu mahal untuk anggarannya dan semua pesaing mereka memiliki tautan direktori. Tanpa terkecuali. Peringkat mereka bagus, jadi saya pikir sebaiknya saya mencobanya setidaknya.

Setelah upaya beberapa hari, cukup jelas bahwa itu tidak akan berhasil. Bukan karena Google menghukum saya atau apa pun, tetapi karena situs direktori memiliki kesalahan pada formulir pengirimannya atau tidak ada yang menjawab/menyetujui situs saya.

Karena mereka tidak menghasilkan uang sebanyak dulu, orang berhenti berusaha mengelolanya.

Direktori web tidak efisien: Bahkan jika Anda berhasil mendapatkan beberapa daftar direktori bisnis, mereka mungkin akan memiliki dampak yang sangat kecil, jika tidak sama sekali.

Waktu Anda lebih baik dihabiskan untuk membuat konten dan terlibat dengan audiens Anda. 1-2 tautan tidak akan membantu sama sekali dan penskalaan ini berisiko dan dapat mengakibatkan hukuman.

Google menghukum Anda: Tentu saja, masalah terbesar dengan direktori web akhir-akhir ini adalah situs web Anda dapat dihukum jika mencoba mengelabui algoritme Google.

Membangun tautan secara massal, baik itu melalui direktori web, komentar blog, pengiriman artikel, posting tamu, apa saja, berisiko dan dapat membuat situs Anda bermasalah.

Sekarang saya tidak mengatakan bahwa Anda akan dihukum jika Anda mengirimkan situs Anda ke direktori. Dengan segala cara, jika Anda menemukan situs menarik yang kebetulan juga memiliki daftar situs menarik lainnya, lakukanlah!

Tapi itu ide yang baik untuk memeriksa latar belakang mereka sedikit. Apa otoritas domain mereka? Apakah profil backlink mereka berisi spam? Apakah mereka menautkan ke situs web berkualitas atau sekumpulan lubang phishing yang penuh dengan malware?

Dengan kata lain, apakah situs web itu membawa nilai apa pun ke internet atau untuk pengguna mana pun? Apakah itu relevan dengan situs Anda? Jika jawabannya tidak, maka Anda harus menjauhinya.

SEO Lokal & Daftar Direktori

Misalnya, Google Bisnisku dianggap sebagai direktori bisnis web. Sampai batas tertentu, memang begitu. Ini daftar bisnis. Namun, itu semakin berubah menjadi mesin pencari itu sendiri. Pemeringkatan dilakukan berdasarkan algoritma.

Orang-orang menelusuri dan mencari ulasan, tetapi kebanyakan dari mereka tetap memilih bisnis teratas (yang pertama kali dicantumkan oleh Google Bisnisku di penelusuran lokal dan Google Maps) karena biasanya merupakan hasil terbaik.

Ketika datang ke SEO lokal, itu membantu jika detail NAP Anda (nama, alamat, telepon) terdaftar di beberapa situs web. Namun, judul, jarak dari pengguna, dan ulasan mungkin memainkan peran yang lebih penting.

Namun, mari kita semua jujur ​​bahwa kutipan di sana-sini bukanlah kunci keberhasilan SEO pencarian lokal . Bukannya mereka tidak membantu (mereka melakukannya, Anda mendapatkan visibilitas merek) tetapi setiap kali Anda memiliki kutipan, Anda harus melengkapinya dengan backlink.

Direktori bisnis lokal adalah awal yang baik. Misalnya, Anda mungkin menemukan situs seperti “yourcitynews.xyz” yang memiliki bagian bernama “Lokasi Hebat di Kota Kami”. Jika Anda dapat mencantumkan bisnis lokal Anda di sana, itu bagus karena relevansinya berasal dari orientasi lokal situs web itu sendiri. Sebagian besar berita tentang kota Anda, yang berarti bisnis Anda harus ada di sana untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik di kota tersebut.

Jika Anda tidak dapat menemukan direktori bisnis lokal, Anda juga dapat menemukan jenis peluang backlink ini dengan  BrandMentions . Alat ini memantau kapan nama/merek Anda disebutkan di web. Anda kemudian dapat terlibat dengan orang-orang dan membangun hubungan (dan juga meminta tautan balik jika mereka belum membuatnya).

Direktori Yang Masih Bagus

Sekarang jelas Anda mungkin bertanya Hei, di mana saya masih bisa menemukan direktori web yang bagus jika semuanya buruk?

Yah… ada beberapa. Ini sebenarnya bukan tujuan dari artikel ini, tetapi saya hanya akan mencantumkan beberapa sehingga Anda mendapatkan gambaran bagaimana sebenarnya direktori web yang modern dan berguna itu terlihat.

SEO White Hat mungkin akan melompat dan berkata Bagaimana Anda bisa merekomendasikan pembuatan tautan profil atau jenis tautan direktori web apa pun?

Kata kuncinya di sini adalah RELEVANSI. Jika cantuman itu relevan dengan situs Anda, itu akan membantu Anda. 

Banyak pakar pengoptimalan mesin telusur bereaksi buruk terhadap komentar blog atau posting forum, karena mereka tahu itu tidak berhasil. Namun, komentar blog masih menjadi bahan bakar blog. Forum masih populer di industri seperti musik, otomotif, kesehatan bahkan fashion.

Matthew Woodward membangun blog pemenang penghargaan dan sebagian besar lalu lintas langsung dan organiknya berkat postingan yang dia buat di Forum BlackHat. Hanya saja, jangan spam. Jadilah relevan. Menjadi berguna.

Contoh direktori yang bagus adalah situs lokal yang mungkin memiliki daftar. Saya tidak bisa memberikan contoh spesifik, tapi saya harap Anda mengerti maksudnya. Jika mereka memiliki akun media sosial yang aktif, memposting dari waktu ke waktu dan mendatangkan lalu lintas, Anda dapat mencoba mendaftarkan bisnis lokal Anda di sana.

Di sini saya bisa memberikan contoh spesifik. SoundCloud adalah direktori untuk musisi, misalnya. Jika Anda seorang musisi, Anda bisa mendapatkan backlink profil dari profil SoundCloud Anda. Contoh serupa lainnya adalah last.fm.

Apakah ini berisi spam? Bisa jadi jika Anda hanya membuat profil dan membiarkannya seperti itu. Tetapi jika Anda seorang musisi, mungkin juga masuk akal untuk memposting di akun SoundCloud Anda dari waktu ke waktu, membangun audiens di sana dan benar-benar mengirim lalu lintas ke situs Anda melalui tautan itu dan bahkan mungkin mendapatkan beberapa pelanggan potensial.

Situs daftar lokal bagus lainnya adalah Yelp atau mungkin Yellow Pages. Meskipun Google telah mengecam mereka karena mereka jahat, itu masih merupakan tempat yang baik untuk mendaftarkan bisnis Anda.

Mengapa Kami Masih Memiliki Direktori Web?

Sebagian besar bisnis, seperti Moz atau Yahoo, telah menutup direktori mereka (Dmoz dan Yahoo Directory).

Banyak direktori jika tidak semuanya kekurangan moderator (yang sebenarnya membutuhkan biaya), tetapi mungkin masih menghasilkan sedikit pendapatan dari iklan.

Seluruh ide artikel ini dimulai dari kami mengamati teks jangkar aneh ini seperti 2523765 yourdomain.com di alat kami untuk banyak klien. Anda mungkin juga melihat teks jangkar ini di dasbor kognitifSEO Anda.

Mereka dihasilkan oleh jaringan The Globe, semacam direktori yang merayapi dan mengindeks situs web hanya dengan menautkannya ke halaman yang berisi ribuan tautan eksternal. Jaringan ini dimiliki oleh Ascio Technologies Inc (registrar domain). Untungnya, saya telah melihat profil backlink mereka dan mereka juga memiliki teks jangkar spam, jadi setidaknya itu adil.

Model mereka berbeda. Mereka ingin menjual seluruh jaringan situs seharga jutaan dolar. Mereka menyajikannya sebagai semacam web di seluruh dunia, situs yang paling banyak dikunjungi di planet ini (yang jelas bukan). Saya tidak yakin berapa umur benda ini atau bagaimana awalnya, tetapi ada utas Forum BlackHat tentang jaringan tempat Anda dapat membaca lebih lanjut tentang ini.

Haruskah Anda Menolak Tautan Direktori?

Satu hal yang orang buru-buru lakukan adalah menolak tautan yang menurut mereka mungkin dianggap Google sebagai spam atau yang mungkin membuat situs web mereka dihukum.

Ini adalah keseluruhan topik untuk didiskusikan dan saya sangat menyarankan Anda membaca artikel saya tentang penolakan tautan .

Namun, hanya untuk memberi Anda jawaban singkat, secara umum, sebaiknya jangan bermain-main dengan alat penolakan kecuali Anda yakin situs Anda telah dihukum dan Anda telah mengisolasi alasan untuk menjadi profil tautan, setelah Anda diperiksa dan dikecualikan segala sesuatu yang lain.

Misalnya, sebagian besar jaringan The Globe, situs yang saya sebutkan di atas, bahkan tidak diindeks di Google, jadi tidak masuk akal untuk menolak tautan tersebut, karena Google sudah tidak menghitung tautan itu dengan cara apa pun.

Kesimpulan

Secara umum, Anda harus menghindarinya, tetapi terkadang pengiriman direktori web mungkin berguna, terutama jika menyangkut bisnis lokal dan SEO lokal. Sebelum Anda mengirimkan tautan Anda, pastikan direktori online relevan dengan ceruk pasar Anda dan memiliki profil tautan yang bagus.

Apa pendapat Anda tentang pengiriman direktori web? Pernahkah Anda menggunakannya? Apakah Anda masih menggunakannya? Apakah mereka masih bekerja? Beri tahu kami di bagian komentar (tapi hati-hati dengan tautan jika Anda seorang SEO WhiteHat karena Anda mungkin akan dihukum!)

Komentar Pengguna (0)

Tambah Komentar
Kami tidak akan pernah berbagi email Anda dengan orang lain.